18 Mei 2025
Tidak ada Hasil
Tampilkan Semua Hasil
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal
  • Beranda
  • Berita
    • Penyelenggaraan Haji Dan Umroh
    • Penyelenggara Zakat Dan Wakaf
    • Bimbingan Masyarakat Islam
    • Pendidikan Agama Islam
    • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
    • Pendidikan Madrasah
    • Pembimbing Masyarakan Kristen
    • Pembimbing Masyarakat Katolik
    • Pembimbing Masyarakan Hindu
    • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Informasi Penting
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Kode Etik
  • Layanan Umum
    • Jadwal Shalat
    • LPSE
    • SAPK
    • PUPNS
    • emis kemenag
    • Info Haji
    • SiEKA
    • Informasi Lowongan
  • Portal
  • E-RegulasiNew
  • Beranda
  • Berita
    • Penyelenggaraan Haji Dan Umroh
    • Penyelenggara Zakat Dan Wakaf
    • Bimbingan Masyarakat Islam
    • Pendidikan Agama Islam
    • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
    • Pendidikan Madrasah
    • Pembimbing Masyarakan Kristen
    • Pembimbing Masyarakat Katolik
    • Pembimbing Masyarakan Hindu
    • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Informasi Penting
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Kode Etik
  • Layanan Umum
    • Jadwal Shalat
    • LPSE
    • SAPK
    • PUPNS
    • emis kemenag
    • Info Haji
    • SiEKA
    • Informasi Lowongan
  • Portal
  • E-RegulasiNew
Tidak ada Hasil
Tampilkan Semua Hasil
Kantor Kemenag Kab. Tegal
Tidak ada Hasil
Tampilkan Semua Hasil
Beranda Profil

Bergerak dengan Hati Ikhlas, Pulihkan Pendidikan

oleh admin
November 26, 2021
Dalam Kategori Profil
Durasi Membaca: 3 Menit
A A
0
Bergerak dengan Hati Ikhlas, Pulihkan Pendidikan
88
TAMPIL
Share on FacebookShare on Twitter

Pendidikan adalah proses mendidik, membimbing, mengarahkan dan memfasilitasi peserta didik dalam membangun mimpi-mimpinya. A dream comes of true, mimpi mengejar cita- citanya. Dan ini harus terus menerus dibangun dan digerakkan ke anak bangsa dalam proses pendidikannya.

Harus ke arah mana tujuan pendidikan yang sesungguhnya. Keterkaitan hati dengan peserta didik  adalah hal yang sangat krusial, penting dan perlu di garis bawahi selain untuk pendekatan mental, fisik dan psikis, rohani dan jasmani sebagai pemicu semangat dan faktor psikologis peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran baik di rumah ataupun di sekolah tempat belajar.

Sebagaimana mengajar, mendidik, bergerak dengan hati adalah menterjemahkan sebuah rasa yang di hadapi, dihadirkan dalam diri seorang pendidik dengan peserta didik dan apa yang terlibat, terkondisikan di dalam proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas.  Hati adalah faktor terpenting dan di sana terdeteksi ukuran takaran aturan perasaan seorang pendidik terhadap peserta didiknya untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran dan untuk memahami sebuah prosesnya ketika peserta didik berada di rumah dan di sekolah. Bergerak dengan hati, haruslah disertai dengan kesabaran dan keikhlasan. Pendidik akan terus berproses dalam membimbing dan mendidik, karena ada suka ketika melihat keberhasilan dan akan sedih ketika gagal dalam mendidiknya.

 Ikhlas merupakan sikap yang harus dimiliki guru, karena ikhlas sepertinya mudah diucapkan namun banyak orang yang kesulitan menerapkannya dalam kehidupan. Hal ini berkaitan dengan setiap manusia yang memiliki penyakit hati yang menyulitkan diri untuk bersikap ikhlas. Namun, bagi orang yang bertakwa ikhlas tidak akan sulit untuk menerapkannya. Demikian dengan seorang guru, ketika dapat mendidik dengan hati yang ikhlas tertata pola pikirnya, peserta didik dapat dibimbing dan dididiknya dengan baik.

Menghadapi pandemi yang belum berakhir hingga kini, menjadi tantangan seorang guru bergerak menginovasi diri dalam proses pembelajaran yang masih daring (dalam jaringan) maupun PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas. Ada yang berinovasi dengan hybrid learning dan ada pula yang blended learning sesuai kebutuhan sekolah masing-masing.

Pembelajaran daring merupakan hal luar biasa sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi guru sebagai pengelola pembelajaran. Sebagai pelaksana proses dalam pembelajaran, guru berperan aktif menciptakan iklim belajar yang aktif, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik bagaimanapun upaya pembelajarannya. Sebelum pandemi, banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk menciptakan iklim belajar yang menyenangkan di dalam kelas di antaranya dengan menggunakan strategi dan media pembelajaran yang memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik.

Tapi praktik pembelajaran daring lebih menantang karena tidak luput dari berbagai kendala, persoalan sinyal dan hambatan jaringan mengingat guru tidak dapat bertemu secara langsung dengan peserta didik di dalam kelas. Perlmnelajaran berlangsung bisa dimana saja, tetapi harus ada proses pembelajaran yang asik dan menarik untuk mengantisipasinya. Bisa diambil contoh, ketika kita cermati pendidikan dilakukan melalui hybrid learning, secara bersamaan belajar tetapi berbeda tempat. Peserta didik yang berada di kelas tentu saja antusias mengikuti pembelajaran, jika guru pun asik cara menyampaikan dan membimbingnya. Interaksi belajar mengajar dengan waktu yang terbatas tidaklah menjadi kendala bagi guru yang terus berinovasi diri. Menciptakan suasana belajar yang seru dan aktif bertanya ataupun menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru, membuat kelas hidup dan peserta didik belajar nyaman tanpa terasa. Menemukan banyak masalah dan memecahkan persoalan menjadi cara mudah belajar dengan hybrid learning. Terutama peserta didik yang dalam jaringan(daring) guru harus mempunyai tingkat konsentrasi tinggi untuk proses belajarnya. Karena apa? Terkadang guru hanya fokus yang di kelas PTM terbatas dan lupa yang di google meet atau zoom meeting dalam jaringan.

 Nah, untuk menghadapi ini semua sekali lagi inovasi dan kreativitas mengajar sangat dituntut untuk menjadikan pembelajaran keduanya tetap hidup dan tidak membosankan. Guru dengan kolaborasi yang baik ke peserta didik, dan orang tua dapat mengatasi masalah dalam mengadaptasi metode hybrid learning pada saat pandemi. Penerapan metode ini dalam pembelajaran di kelas dan dalam jaringan menuntut guru untuk kreatif dalam menyediakan platform pembelajaran berupa media sosial di link YouTube, tik tok, helo, snack video, instagram, video pembelajaran atau powerpoint dan berdiskusi di whatsapp grup. Keaktifan peserta didik di google meet ataupun zoom meeting dan orang tua yang konsen mendampingi mereka selama pembelajaran online, sangat membantu kemajuan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi maupun yang telah melaksanakan PTM terbatas.

Sekali lagi dengan kerjasama semua pihak terlebih kuncinya pada diri guru sebagai motor penggerak pendidikan harus berjuang keras bersama, pulihkan pendidikan dengan belajar asik dan menyenangkan. Bergerak dengan hati, menata pendidikan berjalan dengan baik, mendidik sepenuh jiwa menghadirkan olah pikir dan olah rasa mencerdaskan anak bangsa yang menjadi tanggung jawab kita semua.

Selamat Hari Guru Nasional.

 

Rahmi Ifada, M.Pd.I
Bendahara DPP AGPAII 

Tags: Selamat Hari Guru
ShareTweetSend
Artikel Sebelumnya

MTsN 4 Tegal Laksanakan Upacara Hari Guru

Artikel Selanjutnya

Setelah Lima Tahun, Sertifikat Pengganti Tanah Wakaf Akirnya Diterima Nadzir

Artikel Terkait

Warior Liput Lomba HUT ke-78 RI di MTsN 2 Tegal
Pendidikan Madrasah

Warior Liput Lomba HUT ke-78 RI di MTsN 2 Tegal

oleh kontributor
21 Agu 2023
0

Slawi-Upaya untuk mengabadikan momen berharga dan semangat pada kegiatan lomba-lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, sekelompok...

Selanjutnya
Faris Sukses Pimpin Upacara HUT Ke-78 RI di MTsN 2 Tegal

Faris Sukses Pimpin Upacara HUT Ke-78 RI di MTsN 2 Tegal

18 Agu 2023
Membangun Ukhuwah Menjaga Toleransi Beragama

Membangun Ukhuwah Menjaga Toleransi Beragama

30 Nov 2021
Pengawas PAI Tetap Pantau Aktifitas Pembelajaran  di Masa covid 19

Pengawas PAI Tetap Pantau Aktifitas Pembelajaran di Masa covid 19

17 Nov 2021

PTSP ONLINE

25 Feb 2021
Pokjaluh Kemenag Kab. Tegal Salurkan Bantuan Korban Banjir

Pokjaluh Kemenag Kab. Tegal Salurkan Bantuan Korban Banjir

15 Jan 2021
Artikel Selanjutnya
Setelah Lima Tahun, Sertifikat Pengganti Tanah Wakaf Akirnya Diterima Nadzir

Setelah Lima Tahun, Sertifikat Pengganti Tanah Wakaf Akirnya Diterima Nadzir

Membangun Ukhuwah Menjaga Toleransi Beragama

Membangun Ukhuwah Menjaga Toleransi Beragama

Agen Perubahan Harus Dinamis

Agen Perubahan Harus Dinamis

MAJENG-HD
SETIA-logo-green

Kategori

  • APRI
  • Badqo LPQ
  • Berita
  • Berita
  • Bimbingan Masyarakat Islam
  • DWP Kemenag
  • FKDT
  • FKUB
  • Humas Kemenag
  • IGRA
  • Informasi Penting
  • IPARI
  • KBIHU
  • KKM MI
  • KUA
  • Pembimbing Masyarakan Hindu
  • Pembimbing Masyarakan Kristen
  • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Pembimbing Masyarakat Katolik
  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
  • Pendidikan Madrasah
  • Pengawas Madrasah
  • Penyelenggara Zakat Dan Wakaf
  • Penyelenggaraan Haji Dan Umroh
  • PGRI Cabsus
  • PGRI Cabsus Kemenag Kab. Tegal
  • Pokjaluh
  • Profil
  • Slide
  • Subbag TU
  • Tanpa Kategori

Arsip

© 2023 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal

Tidak ada Hasil
Tampilkan Semua Hasil
  • Beranda
  • Berita
    • Penyelenggaraan Haji Dan Umroh
    • Penyelenggara Zakat Dan Wakaf
    • Bimbingan Masyarakat Islam
    • Pendidikan Agama Islam
    • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
    • Pendidikan Madrasah
    • Pembimbing Masyarakan Kristen
    • Pembimbing Masyarakat Katolik
    • Pembimbing Masyarakan Hindu
    • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Informasi Penting
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Kode Etik
  • Layanan Umum
    • Jadwal Shalat
    • LPSE
    • SAPK
    • PUPNS
    • emis kemenag
    • Info Haji
    • SiEKA
    • Informasi Lowongan
  • Portal
  • E-Regulasi

© 2023 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal

Translate »
Situs web ini menggunakan cookie. Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda memberikan persetujuan terhadap penggunaan cookie. Kunjungi Kebijakan Privasi dan Cookie kami.
Skip to content
Open toolbar Accessibility Tools

Accessibility Tools

  • Increase TextIncrease Text
  • Decrease TextDecrease Text
  • GrayscaleGrayscale
  • High ContrastHigh Contrast
  • Negative ContrastNegative Contrast
  • Light BackgroundLight Background
  • Links UnderlineLinks Underline
  • Readable FontReadable Font
  • Reset Reset