Slarang Kidul, 12 Februari 2025– Siswa kelas 5 di Maadrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Tegal mengikuti kegiatan praktik menggambar sudut menggunakan garis busur dalam pelajaran Matematika. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep sudut dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Busur Lingkaran adalah bagian dari keliling lingkaran yang dibatasi oleh dua titik di sepanjang lingkaran. Busur ini memiliki panjang tertentu yang merupakan sebagian dari seluruh keliling lingkaran.
Dalam praktik tersebut, siswa menggunakan jangka dan penggaris untuk menggambar berbagai sudut, mulai dari sudut lancip, siku-siku, hingga sudut tumpul. Guru Matematika, Hj. Nafisah, S.Pd.I, menjelaskan langkah-langkah menggambar sudut dengan garis busur agar siswa lebih mudah memahami konsepnya.
“Kami ingin siswa tidak hanya menghafal teori, tetapi juga memahami cara menggambar sudut dengan benar menggunakan alat ukur seperti jangka dan busur derajat,” ujar Hj. Nafisah.
Salah satu siswa, Azka, mengungkapkan kegembiraannya dalam kegiatan ini. “Belajar dengan praktik seperti ini lebih seru! Saya jadi lebih paham bagaimana cara menggambar sudut yang benar,” katanya.
Dengan metode pembelajaran yang lebih interaktif ini, diharapkan siswa semakin memahami konsep sudut dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya konsep belajar yang menggunakan metode praktek anak-anak akan lebih suka karena mereka bisa belajar dengan metode yang nyata bukan hanya imajinasi gambar yang ada di buku, maka dari itu anak-anak lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu di pelajaran matematika khusunya agar mereka tidak bosan dan jenuh dengan penjelesan materi saja.