Bojong – Pembelajaran Bahasa Inggris di kelas IXA MTs Negeri 4 Tegal hari rabu (22/1) berlangsung dengan cara yang berbeda dan menarik. Materi “Things Around Us” diajarkan melalui metode bermain peran (role play). Metode ini memberikan suasana belajar yang lebih menyenangkan sekaligus interaktif, sehingga siswa lebih mudah memahami materi dengan cara yang unik.
Metode role play melibatkan siswa untuk memerankan sebuah cerita berdasarkan benda-benda di sekitar mereka. Guru Bahasa Inggris, Hanik Ch, menjelaskan bahwa metode ini dirancang untuk mengembangkan imajinasi dan penghayatan siswa. “Model pembelajaran ini bertujuan mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah, mengembangkan keterampilan sosial, serta menumbuhkan rasa empati dan kemampuan mengenal perasaan diri sendiri maupun orang lain,” ungkapnya.
Dalam pelaksanaan, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan skenario sederhana yang berkaitan dengan materi, seperti percakapan tentang benda-benda di rumah, sekolah, atau taman. Siswa tampak antusias menjalankan peran masing-masing, sambil menggunakan kosa kata Bahasa Inggris yang telah mereka pelajari. Situasi pembelajaran menjadi hidup dengan dialog-dialog spontan yang sering kali diselingi tawa, menunjukkan siswa menikmati proses belajarnya.
Menurut Hanik, metode bermain peran ini memiliki banyak manfaat. “Dengan role play, siswa tidak hanya belajar materi secara teori, tetapi juga mempraktikkannya dalam konteks nyata. Mereka belajar bekerja sama, memahami perspektif lain, dan lebih percaya diri berbicara dalam Bahasa Inggris,” tambahnya.
Kreativitas siswa dalam memerankan cerita mendapat apresiasi dari guru dan teman-teman sekelas. Dengan metode ini, pembelajaran Bahasa Inggris di MTs Negeri 4 Tegal tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi juga sarana pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa. Harapannya, metode ini bisa terus diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus menciptakan suasana belajar yang lebih bermakna.