Bojong, 12 Maret 2025 – Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Pusbangkom SDM) Kementerian Agama TV hari ini menyelenggarakan webinar bertajuk Mengoptimalkan Kinerja Madrasah melalui Perencanaan Berbasis Data. Acara ini menghadirkan narasumber ahli, Dr. Cut N. Ummu, Widyaiswara Pusbangkom SDM PK, yang memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya pemanfaatan data dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Sebagian guru MTs Negeri 4 Tegal turut berpartisipasi dalam webinar ini untuk memperkaya wawasan mereka terkait optimalisasi perencanaan yang berbasis data. Perencanaan Berbasis Data (PBD) sendiri merupakan strategi yang memanfaatkan data dari platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi bagi satuan pendidikan, dinas pendidikan, maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu dan capaian pendidikan secara berkelanjutan.
Dalam paparannya, Dr. Cut N. Ummu menjelaskan bahwa PBD bertujuan untuk membangun sistem pengelolaan pendidikan yang lebih efektif, akuntabel, dan konkret. Melalui pendekatan ini, satuan pendidikan dapat menyesuaikan strategi perencanaan berdasarkan kebutuhan yang telah diidentifikasi melalui data dari Erkam (Elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah). Data tersebut menjadi dasar bagi sekolah dan dinas pendidikan dalam menyusun langkah-langkah perbaikan serta refleksi terhadap capaian di Rapor Pendidikan dan kondisi di lapangan.
Dengan menerapkan Perencanaan Berbasis Data, madrasah dapat melakukan pembenahan yang lebih terarah dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan tata kelola sekolah. Webinar ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pendidik tentang bagaimana data dapat digunakan sebagai alat yang efektif dalam pengambilan keputusan dan peningkatan kualitas pendidikan.
Partisipasi guru-guru MTs Negeri 4 Tegal dalam webinar ini menunjukkan komitmen mereka dalam terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme demi kemajuan madrasah dan pendidikan secara umum. Diharapkan, hasil dari webinar ini dapat segera diterapkan dalam pengelolaan pendidikan di lingkungan madrasah, sehingga menciptakan ekosistem belajar yang lebih baik dan berorientasi pada perbaikan berkelanjutan.