Bojong, – Aktivitas di MTs Negeri 4 Tegal semakin sibuk memasuki pekan ini. Semua tenaga pendidik dan kependidikan dikerahkan untuk mempersiapkan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 2024. Empat aspek utama yang dinilai dalam PKKM meliputi Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, dan Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan.
PKKM adalah proses penilaian yang komprehensif untuk mengukur kualitas kinerja kepala madrasah dalam menjalankan tugasnya. Penilaian ini dilakukan secara berkala, baik tahunan maupun empat tahunan, guna memastikan profesionalisme kepala madrasah dalam membangun dan memajukan lembaganya.
Sebagai langkah strategis, MTs Negeri 4 Tegal mengadakan bedah bukti fisik dan rapat koordinasi yang digelar di ruang Media, Selasa (19/11/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh koordinator dari setiap komponen penilaian, yang bertanggung jawab terhadap penyusunan dokumen pendukung dalam setiap aspek PKKM.
Kepala MTs Negeri 4 Tegal, Sustanto, M.Pd., dalam arahannya mengajak seluruh elemen madrasah untuk bersinergi dan saling mendukung demi suksesnya PKKM. “PKKM bukan hanya penilaian atas kinerja kepala madrasah, tetapi juga mencerminkan kualitas kerja seluruh komponen di madrasah ini. Maka dari itu, kolaborasi, komunikasi, dan koordinasi adalah kunci keberhasilan kita bersama,” tegasnya.
Sustanto juga menekankan bahwa PKKM merupakan alat pembinaan profesional untuk menjaga kualitas manajemen madrasah. Ia menyebutkan bahwa melalui PKKM, tidak hanya karir dan kompetensi kepala madrasah yang ditingkatkan, tetapi juga mutu keseluruhan madrasah dapat terjamin.
Dalam rapat tersebut, masing-masing koordinator menyampaikan progres dan tantangan dalam memenuhi indikator penilaian. Beberapa strategi penyempurnaan dokumen pendukung dibahas untuk memastikan bahwa bukti fisik yang disajikan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh tim penilai.
Dengan semangat kebersamaan dan kerja sama yang solid, MTs Negeri 4 Tegal optimis dapat menyukseskan pelaksanaan PKKM 2024. Langkah ini diharapkan dapat semakin memperkuat profesionalisme madrasah dan memastikan kualitas pendidikan yang unggul untuk seluruh siswa.