(Humas) Slawi-Dalam rangka mewujudkan inovasi pembelajaran, pelajar MAN 1 Tegal melakukan pembelajaran autentik (authentic learning) mata pelajaran ekonomi melalui studi lapangan di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal, pada Kamis (1/2), yang dikoordinatori oleh Puji Indah Isnaeni, yang merupakan guru mata pelajaran Ekonomi.
Studi lapangan ini diikuti oleh 75 siswa-siswi kelas X yang terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 08.00 – 10.00 WIB dan sesi kedua dilaksanakan pada pukul 10.00 – 12.00 WIB.
Kegiatan studi lapangan ini diawali dengan sambutan dari Kepala OJK cabang Tegal Novianto Utomo, dilanjutkan sambutan dari Puji Indah Isnaeni selaku koordinator pelaksana pembelajaran outdoor ke OJK.
Kepala OJK cabang Tegal, Novianto Utomo dalam sambutannya menjelaskan bahwa pembelajaran autentik yang dilaksanakan pelajar MAN 1 Tegal ke kantor OJK akan memperoleh banyak manfaat dan pengalaman sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang baru.
“Selamat datang di kantor OJK Tegal. OJK merupakan salah satu lembaga keuangan yang berfungsi memastikan stabilitas keuangan Indonesia. Disini kalian akan belajar fungsi dan tugas OJK sebagai lembaga keuangan dan belajar mengetahui berbagai lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Pasti akan sangat bermanfaat bagi kalian,” pungkasnya.
Koordinator pelaksana, Puji Indah Isnaeni, turut menyampaikan sambutan tentang pembelajaran autentik dengan studi lapangan sangat berguna bagi para siswa untuk belajar lebih aktif dengan belajar secara langsung atau nyata pada objek yang dituju sehingga siswa punya pengalaman terutama mengenal lebih jauh tentang OJK.
“Studi lapangan ini dilaksanakan sebagai ajang pengenalan OJK bagi siswa. Terutama mengukur sejauh mana pengetahuan siswa tentang OJK. Bukan hanya kepanjangan tentang OJK saja, masih banyak hal yang bisa digali salah satunya tentang Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK),” ujarnya dihadapan para peserta didik.
Dalam studi lapangan ini para siswa melakukan pre test melaui aplikasi Kahoot, setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang definisi, tugas, wewenang, dan peran OJK oleh Adelin Natasha Dany pada sesi 1, dan Kristina Nimas Wijayani pada sesi 2. Terdapat sesi tanya jawab pada akhir penyampaian materi. Siswa juga melaksakan post test dan mengikuti kuis dari pemateri.
Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian penghargaan bagi siswa yang mendapatkan 3 nilai terbaik pre test, 3 nilai terbaik post test, 3 pertanyaan menarik, dan 2 penjawab kuis. Setelah pemberian penghargaan acara diakhiri dengan foto bersama di lobi kantor OJK.
Ditemui setelah kegiatan, Risma salah seorang perserta mengungkapkan rasa bahagianya, “Senang sekali rasanya bisa berkunjung ke kantor OJK serta mendapatkan pengalaman, wawasan tambahan mengenai OJK,” ujarnya. (rifai/nuris/adm)