Bojong – MTs Negeri 4 Tegal melaksanakan proses pengembalian rapor hasil Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025 pada Sabtu, 28 Desember 2024. Setelah rapor dibagikan pada 21 Desember 2024, kini peserta didik diminta untuk mengembalikan dokumen penting tersebut melalui wali kelas masing-masing.
Tujuan pengembalian rapor ini adalah memastikan dokumen akademik tetap dalam kondisi baik dan tidak tertahan terlalu lama di tangan peserta didik, sehingga dapat terhindar dari risiko kerusakan atau kehilangan. Rapor yang dikembalikan juga harus sudah ditandatangani oleh walimurid sebagai bentuk pengesahan dan tanggung jawab bersama dalam mendukung proses pendidikan siswa.
Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Bapak Tasrip, S.Pd, MM., menjelaskan pentingnya proses ini. “Rapor adalah dokumen akademik yang sangat penting, sehingga pengelolaannya harus dilakukan dengan cermat. Dengan pengembalian yang tepat waktu, kita bisa menjaga keutuhan dokumen ini sekaligus memastikan administrasi berjalan lancar,” ujarnya.
Proses pengembalian rapor dijadwalkan selama dua hari, yakni Sabtu, 28 Desember 2024, dan Senin, 30 Desember 2024. Pada hari pertama, hampir seluruh peserta didik telah mengembalikan rapor sesuai jadwal yang ditentukan. Antusiasme tinggi dari peserta didik dan walimurid terlihat dari kelancaran proses ini, menunjukkan partisipasi positif dari seluruh pihak.
Selain sebagai bentuk administrasi, kegiatan ini juga menjadi momen bagi wali kelas untuk berkomunikasi langsung dengan walimurid. Interaksi tersebut menciptakan hubungan yang lebih erat antara madrasah dan orang tua, sehingga mendukung proses pendidikan secara menyeluruh.
MTs Negeri 4 Tegal terus berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan pendidikan, termasuk dalam pengelolaan administrasi akademik. Dengan semangat kerjasama yang tinggi dari semua pihak, proses pengembalian rapor ini menjadi bukti nyata bahwa sinergi antara madrasah, peserta didik, dan orang tua adalah kunci keberhasilan pendidikan.
Semoga partisipasi positif ini terus terjaga, menjadi inspirasi bagi madrasah lain dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang rapi, tertib, dan penuh semangat kebersamaan.