Bojong, 4 Februari 2025 – MTs Negeri 4 Tegal kini mulai mendokumentasikan kegiatan pembelajaran yang bersifat praktikum pada setiap mata pelajaran sebagai bagian dari dokumen arsip kurikulum. Inisiatif ini bertujuan untuk mencatat perkembangan pembelajaran peserta didik secara kolektif sekaligus menjadi bukti fisik dalam penilaian portofolio berbasis Kurikulum 13. Setiap guru mata pelajaran juga menyimpan dokumen tersebut sebagai bahan evaluasi dan refleksi terhadap proses pembelajaran.
Penilaian portofolio merupakan metode berkelanjutan yang mendokumentasikan berbagai informasi mengenai perkembangan kemampuan siswa dalam periode tertentu. Informasi ini meliputi tugas, karya, prestasi akademik maupun non-akademik yang telah dicapai peserta didik. Beberapa contohnya termasuk tugas karangan, puisi, resensi buku, laporan penelitian, laporan kerja kelompok, hingga piagam dan sertifikat penghargaan yang diperoleh siswa.
Lebih dari sekadar kumpulan hasil kerja peserta didik, dokumen portofolio ini mencerminkan kompetensi, pemahaman, serta pencapaian siswa dalam suatu mata pelajaran atau bidang tertentu. Dengan adanya dokumentasi ini, guru dapat mengevaluasi perkembangan peserta didik secara menyeluruh serta menentukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran.
Selain itu, portofolio juga memberikan manfaat dalam menunjukkan perkembangan pemikiran dan pemahaman siswa selama periode tertentu. Proses ini mencakup pencatatan, pengumpulan bahan, pembuatan kerangka awal, pembuatan draft kasar, kritik terstruktur, hingga finalisasi. Dari sini, siswa dapat menunjukkan pemahaman terhadap konsep, topik, dan isu yang diberikan dalam pembelajaran.
Lebih lanjut, dokumentasi portofolio juga memungkinkan siswa untuk mendemonstrasikan bakat yang beragam serta kemampuan mereka dalam menghasilkan karya orisinal. Portofolio ini menjadi bukti autentik bagaimana siswa mengintegrasikan teori dan praktik dalam pembelajaran mereka.
Dengan adanya dokumentasi ini, MTs Negeri 4 Tegal berharap dapat terus meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran. Para guru dan siswa kini memiliki alat yang lebih baik untuk merekam, mengevaluasi, dan mengembangkan kemampuan akademik serta kreativitas mereka. Harapannya, sistem ini dapat menjadi standar bagi institusi pendidikan lain dalam mendokumentasikan perkembangan pembelajaran peserta didik.
Langkah ini tidak hanya mendukung transparansi dalam proses belajar mengajar, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa setiap siswa memiliki potensi besar untuk berkembang sesuai dengan minat dan bakat mereka. MTs Negeri 4 Tegal siap menghadapi tantangan pendidikan masa depan dengan inovasi yang berkelanjutan.