Slawi – MTs Negeri 2 Tegal berhasil melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dengan sukses (18/12). Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Kepala Madrasah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, serta memastikan bahwa manajemen dan kepemimpinan di madrasah berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Proses penilaian ini dilaksanakan dengan melibatkan pengawas madrasah Kantor Kementerian Agama Kemenag Kabupaten Tegal. Penilaian dilakukan dengan melihat berbagai aspek, termasuk manajerial, pengelolaan sumber daya manusia, hingga pencapaian dalam bidang akademik dan non-akademik.
Hj. Alfiyah, Kepala MTs Negeri 2 Tegal, menyambut baik kegiatan ini sebagai sarana untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas kepemimpinan di madrasah. “PKKM adalah kesempatan untuk melihat sejauh mana kami dalam menjalankan amanah dan tugas sebagai Kepala Madrasah. Hasil penilaian ini tentu akan memberikan arahan bagi kami untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Negeri 2 Tegal,” ujarnya.
Pengawas madrasah yang terlibat dalam penilaian ini, H.Ngadiman menyampaikan bahwa kegiatan PKKM sangat penting untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi dalam manajemen pendidikan. “Penilaian ini memberikan gambaran yang jelas mengenai efektivitas kepemimpinan dan pengelolaan madrasah, yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa,” kata beliau
Kegiatan PKKM ini mendapatkan respons positif dari seluruh pihak yang terlibat, termasuk guru dan staf madrasah. Dina Agustina selaku Waka Humas menyatakan, “Proses penilaian ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja kami semua dalam memberikan pendidikan yang lebih baik kepada siswa.” Ujarnya
Dengan suksesnya pelaksanaan PKKM ini, diharapkan MTs Negeri 2 Tegal semakin mampu memberikan pendidikan yang berkualitas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa. Kegiatan PKKM juga menjadi bagian dari komitmen madrasah untuk terus berkembang dan memberikan pelayanan pendidikan yang optimal. Selain itu, ke depan madrasah berkomitmen melaksanakan pembelajaran yang dapat terintegrasi ke literasi dan numerasi supaya meningkat dan guru dapat merancang pembelajaran, mengevaluasi serta dapat di tindak lanjuti.