Tarub (KKM-MI) – MI Ma’arif NU 01 Karangmangu mendapat kehormatan sebagai tuan rumah dalam kegiatan Penguatan Kinerja Kepala Madrasah, yang melibatkan seluruh kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Kecamatan Tarub, Pangkah, Kedungbanteng, dan Jatinegara pada hari Rabu (13/11). Acara ini berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme, dihadiri oleh para kepala MI, serta Ketua KKM dari masing-masing wilayah, seperti H. Sepudin dari Tarub, Khuzaeni dari Pangkah, dan Bambang Supriyanto dari Jatinegara. Hadir pula Kasi Penma Kemenag Kabupaten Tegal, Haryono, SH., M.Pd., bersama para pengawas RA/MI dari tiap kecamatan.
Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pembekalan bagi para kepala madrasah guna meningkatkan kompetensi mereka dalam menjalankan tugas. Fokus utama pelatihan adalah pada peningkatan kualitas pendidikan, manajemen madrasah yang efektif, serta pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan. Dalam sambutannya, Haryono menekankan pentingnya kinerja kepala madrasah sebagai penggerak utama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.
Sesi pertama pelatihan dimulai dengan materi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, di mana para peserta diajak untuk membahas strategi pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Melalui diskusi ini, diharapkan para kepala madrasah dapat menyusun program pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
Selain itu, materi Manajemen Madrasah yang Efektif juga menjadi salah satu fokus pelatihan. Peserta mendapatkan pembekalan tentang bagaimana mengelola keuangan, sumber daya manusia, dan sarana prasarana dengan efisien. Materi ini bertujuan untuk menciptakan sistem manajemen yang mendukung suasana belajar yang kondusif dan merangsang prestasi akademik maupun non-akademik.
Pelatihan ini juga menekankan pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, membahas berbagai strategi untuk meningkatkan prestasi siswa serta membangun budaya madrasah yang positif. Para kepala madrasah didorong untuk lebih proaktif dalam melibatkan masyarakat dan orang tua dalam mendukung pendidikan, sehingga tercipta kolaborasi yang kuat antara madrasah dan lingkungan sekitar.
Pemberdayaan Guru dan Tenaga Kependidikan turut menjadi materi yang disoroti dalam pelatihan ini. Para peserta dilatih untuk mengembangkan profesionalitas guru dan staf madrasah melalui berbagai program pengembangan kompetensi, seperti pelatihan dan pemberian motivasi. Dengan demikian, diharapkan seluruh elemen madrasah dapat bekerja secara sinergis dalam mencapai tujuan pendidikan.
Para kepala madrasah yang mengikuti kegiatan ini tampak antusias. Mereka berharap bahwa ilmu yang diperoleh selama pelatihan ini dapat diaplikasikan dalam tugas mereka sehari-hari, guna memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik kepada siswa-siswi di madrasah mereka masing-masing.
Keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini mencerminkan komitmen seluruh pihak dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan madrasah di Kabupaten Tegal. Dengan terlaksananya pelatihan ini, para kepala madrasah diharapkan menjadi pemimpin inspiratif yang mampu membawa madrasah ke arah kemajuan dan mencetak generasi unggul yang berakhlak mulia.